Review
Jurnal MSDM 1
Judul
|
Pengaruh
Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai
Variabel Intervening di PT.Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)
|
Jurnal
|
E-Jurnal
Pendidikan Ekonomi
|
Volume & Halaman
|
Vol. 10, No. 2
|
Tahun
|
2017
|
Penulis
|
I
Wayan Arya Lantara
|
Reviewer
|
Elizabeth Johanes (1620200005)
|
Tanggal
|
7 Juni 2018
|
Tujuan Penelitian
|
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)
Pengaruh langsung antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan; (2)
Pengaruh langsung antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan; (3)
Pengaruh tidak langsung kepuasan kerja antara motivasi kerja dengan kinerja
karyawan.
|
Subjek Penelitian
|
Subjek penelitian ini adalah responden karyawan perusahaan
dipilih dengan
menggunakan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah
berjumlah 180 orang. Untuk menentukan jumlah sampel dalam penelitian ini
menggunakan penentuan jumlah sampel dari populasi yang di kembangkan oleh
Isaac dan Michael, untuk tingkat kesalahan,1%, 5%, dan 10%. Berdasarkan
perhitungan tersebut, maka jumlah sampel yang dipergunakan dalam penelitiaan
ini adalah sebanyak 65 sampel.
|
Metode Penelitian
|
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
1) Penelitian Lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan secara
langsung terhadap objek penelitian. Teknik yang digunakan adalah
(a) Wawancara (interview) yaitu melakukan wawancara Iangsung terhadap
responden yang dalam hal ini adalah karyawan, hal ini dimaksudkan melalui
percakapan dua arah atas inisiatif pewawancara demi memperoleh informasi dan
responden.
(b) Dokumentasi yaitu mendapatkan data tertulis yang dibutuhkan, yang
berasal dan dokumen dan catatan-catatan perusahaan seperti : jumlah karyawan,
besarnya gaji dan upah yang diberikan, serta data lainnya yang dibutuhkan
dalam penelitian ini.
(c) Kuesioner (angket) yaitu pengumpulan data melalui daftar
pertanyaan yang disiapkan masing-masing responden.
2) Penelitian Kepustakaan, yaitu penelitian yang bertujuan untuk
memperoleh konsep dan landasan teori dengan mempelajari berbagai literature,
buku, dan dokumen yang berkaitan dengan objek pembahasan. Untuk memperoleh
data yang diperlukan di dalam penelitian ini digunakan teknik survei dengan
angket. Angket adalah daftar pertanyaan yang didistribusikan melalui pos
untuk diisi dan dikembalikan atau dapat juga dijawab di bawah pengawasan
peneliti.
|
Langkah-langkah Penelitian
|
Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini adalah:
-Wawancara
(interview) yaitu melakukan wawancara Iangsung terhadap responden yang dalam
hal ini adalah karyawan, hal ini dimaksudkan melalui percakapan dua arah atas
inisiatif pewawancara demi memperoleh informasi dan responden.
- Dokumentasi yaitu mendapatkan data tertulis yang dibutuhkan, yang
berasal dan dokumen dan catatan-catatan perusahaan seperti : jumlah karyawan,
besarnya gaji dan upah yang diberikan, serta data lainnya yang dibutuhkan
dalam penelitian ini.
- Kuesioner (angket) yaitu pengumpulan data melalui daftar pertanyaan
yang disiapkan masing-masing responden.
|
Hasil Penelitian
|
Dalam
penelitian ini dapat di simpulkan sebagai berikut;
(1)Motivasi
kerja secara langsung berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja.
(2) Kepuasan
kerja secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.
(3) Pengaruh
tidak langsung antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui
Kepuasan Kerja, diperoleh dari hasil penjumlahan pengaruh langsung antara
Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan pengaruh langsung antara Kepuasan Kerja
terhadap Kinerja Karyawan, Karena pengaruh langsung antara Motivasi Kerja
terhadap Kepuasan Kerja dan pengaruh langsung antara Kepuasan Kerja terhadap
kinerja karyawan signifikan, maka pengaruh tidak langsung antara Motivasi
Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja juga signifikan
positif.
|
Kekuatan Penelitian
|
Kekuatan penelitian ini adalah
teknik pengumpulan data yang baik dengan wawancara, mengumpulkan dokumentasi
dan membagikan kuesioner yang membuat data hasil penelitian akurat.
|
Kelemahan Penelitian
|
Kelemahan penelitian ini adalah
karena keterbatasan waktu untuk melakukan penelitian, sampel yang bisa
diambil juga terbatas.
|
Saran Reviewer
|
Seharusnya sampel untuk penelitian
ditambah lagi agar hasil penelitian menjadi lebih akurat.
|
Review
Jurnal MSDM 2
Judul
|
|
Jurnal
|
Jurnal Administrasi Bisnis
|
Volume & Halaman
|
Vol. 47, No. 1
|
Tahun
|
2017
|
Penulis
|
Mohammad Rifky Bagus Pratama, Mochammad Al Musadieq, Gunawan Eko Nurtjahjono
|
Reviewer
|
Elizabeth Johanes (1620200005)
|
Tanggal
|
7 Juni 2018
|
Tujuan Penelitian
|
Penelitian
ini bertujuan:
(1)
Untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara Motivasi Kerja, Kepuasan
Kerja terhadap Kinerja Karyawan.
(2)
Untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara Motivasi Kerja, Kepuasan
Kerja terhadap Kinerja Karyawan.
|
||||||
Subjek Penelitian
|
Subjek
penelitian pada penelitian ini adalah karyawan Giant Mall
Olympic
Garden Malang yang berjumlah 100 orang.
|
||||||
Metode Penelitian
|
Berdasarkan
tujuan penelitian yang ini mengetahui rumusan masalah, sebab akibat variabel yang diteliti, penelitian menggunakan (explanatory). Untuk mengumpulkan
data menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada responden yaitu karyawan Giant
Mall Olympic Garden Malang yang berjumlah 100 orang. Skala yang digunakan
untuk mengukur jawaban responden adalah skala ukur likert. Analisis data yang
digunakan adalah Analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
|
||||||
Langkah-langkah Penelitian
|
Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini adalah:
-
Mengumpulkan data menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada responden
yaitu karyawan Giant Mall Olympic Garden Malang yang berjumlah 100 orang.
- Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis
deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
|
||||||
Hasil Penelitian
|
Berdasarkan hasil analisis data yang
dilakukan sebelumnya maka dari keseluruhan penelitian dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut:
1.Motivasi
Kerja dan Kepuasan Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
Kinerja Karyawan Giant Mall Olympic Garden Malnh, ditunjukkan dengan nilai
signifikansi F sebesar 0,000 lebih kecil dari = 0,05 (0,000 < 0,05) dan
mampu memberikan kontribusi terhadap variabel kinerja karyawan 0,510 atau
sebesar 51%. Sisamya 49% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.
2.Pengaruh
secara parsial dapat diketahui bahwa Motivasi Kerja secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Giant Mall Olympic Garden
Malang, ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,001 lebih kecil
dari = 0,05 (0,001< 0,05) dengan koefisien regresi sebesar 0,241. Kepuasan
Kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Giant
Mall Olympic Garden Malang, ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar
0,000 lebih kecil dari = 0,05 (0,000 < 0,05) dengan koefisien regresi
sebesar 0,411.
|
||||||
Kekuatan Penelitian
|
Kekuatan penelitian ini adalah
sampel penelitian sudah cukup mewakili karyawan Giant Hypermarket Mall
Olympic Garden Malang yang membuat data hasil penelitian menjadi akurat.
|
||||||
Kelemahan Penelitian
|
Kelemahan penelitian ini adalah
kurangnya teknik pengumpulan data untuk membuat hasil penelitian menjadi
lebih akurat.
|
||||||
Saran Reviewer
|
Seharusnya teknik pengumpulan data
ditambah lagi seperti wawancara, mengumpulkan dokumentasi dan observasi
lapangan unuk membuat data menjadi lebih akurat.
|
Review
Jurnal MSDM 3
Judul
|
Effect of Job
Satisfaction and Motivation towards Employee’s Performance in XYZ Shipping
Company
(Pengaruh
Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan
Pelayaran XYZ )
|
Jurnal
|
Journal Of Education and Practice
|
Volume & Halaman
|
Vol. 8, No. 8
|
Tahun
|
2017
|
Penulis
|
Ramona
Octaviannand, Nurmala K. Pandjaitan, Sadikin Kuswanto
|
Reviewer
|
Elizabeth Johanes (1620200005)
|
Tanggal
|
7 Juni 2018
|
Tujuan Penelitian
|
Penelitian
ini bertujuan:
(1)Untuk menganalisa pengaruh kepuasan kerja
terhadap kinerja karyawan.
(2)
Untuk menganalisa pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan.
(3)
Untuk menganalisa pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja
karyawan secara simultan.
|
Subjek Penelitian
|
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pelayaran XYZ
yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan, yang beroperasi di bidang jasa
ekspor dan impor. Penelitian ini ditujukan untuk semua karyawan baik karyawan
dalam status karyawan kontrak yang sudah memiliki masa kerja setahun hingga karyawan
dengan status permamen untuk mengetahui seberapa puas dan termotivasi dalam
pekerjaan mereka untuk meningkatkan kinerja karyawan.
|
Metode Penelitian
|
Untuk mendapatkan data opini
individu teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer berupa
kuesioner kepada karyawan status permanen dan status karyawan kontrak yang
memiliki masa jabatan lebih dari satu tahun. Jumlah responden dalam
penelitian ini terbatas hanya 70 orang dari departemen pemasaran, costumer
service, logistik, dokumentasi, kasir, jasa keuangan dan agen pelabuhan.
Setiap divisi memilih 10 orang yang telah bekerja lebih dari satu tahun
meskipun masih merupakan karyawan kontrak. Responden dipilih dengan metode
purposive sampling untuk mewakili masing-masing divisi kerja dan teknologi
terkait pada perusahaan pelayaran XYZ.
|
Langkah-langkah Penelitian
|
Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini adalah:
-Mengumpulkan data dengan membagikan kuesioner kepada
karyawan.Hasil kuesioner akan menunjukkan kepuasan kerja, motivasi kerja dan
kinerja karyawan.
-Melakukan wawancara dengan para pemimpin penilaian
manajemen studi saat ini.
-Mengumpulkan data sekunder seperti hasil evaluasi karyawan
setiap tahun, data karyawan dan jenis pekerjaan yang dilakukan karyawan.
|
Hasil Penelitian
|
-Berdasarkan hasil analisis kepuasan kerja dan motivasi karyawan
pada Perusahaan Pelayaran XYZ secara
umum kepuasan kerja dan motivasi kerja mempengaruhi kinerja karyawan. Kinerja
karyawan umumnya dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan motivasi kerja, tetapi
pelaksanaannya tidak berjalan optimal.
-Kepuasan kerja secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Pelayaran XYZ. Secara parsial motivasi kerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja
karyawan. Kepuasan kerja dan motivasi
sama-sama
mempengaruhi kinerja karyawan.
-Pimpinan Perusahaan Pengiriman XYZ
sebagai pengambil keputusan harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan
kinerja karyawan termasuk dengan meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi
karyawan dengan memperhatikan peningkatan pendapatan karyawan, jaminan
pensiun, penyediaan tugas yang adil, perhatian terhadap pengembangan karir, pemimpinan
dapat memberikan suasana kerja yang baik, mendengarkan karyawan, dan memimpin
lebih banyak karyawan dan mampu memberikan arahan, bimbingan, instruksi dan
evaluasi kepada karyawan, kebutuhan untuk perbaikan dalam memberikan insentif
yang adil.
|
Kekuatan Penelitian
|
Kekuatan penelitian ini adalah
teknik pengumpulan data yang digunakan sudah cukup baik untuk mewakili
karyawan Perusahaan Pelayaran XYZ yang membuat penelitian menjadi akurat.
|
Kelemahan Penelitian
|
Kelemahan penelitian ini adalah
sumber data yang digunakan kurang untuk membuat penelitian menjadi lebih
akurat.
|
Saran Reviewer
|
Seharusnya sumber data yang
digunakan ditambah lagi agar hasil penelitian menjadi lebih akurat.
|
Daftar Pustaka:
- https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/12267/7767
- http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1815/2197
- https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1138941.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar