Sabtu, 09 Juni 2018

REVIEW JURNAL MSDM


Review Jurnal MSDM 1

Judul
Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di PT.Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)
Jurnal
E-Jurnal Pendidikan Ekonomi
Volume & Halaman
Vol. 10, No. 2
Tahun
2017
Penulis
I Wayan Arya Lantara
Reviewer
Elizabeth Johanes (1620200005)
Tanggal
7 Juni 2018

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh langsung antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan; (2) Pengaruh langsung antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan; (3) Pengaruh tidak langsung kepuasan kerja antara motivasi kerja dengan kinerja karyawan.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah responden karyawan perusahaan dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 180 orang. Untuk menentukan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan penentuan jumlah sampel dari populasi yang di kembangkan oleh Isaac dan Michael, untuk tingkat kesalahan,1%, 5%, dan 10%. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka jumlah sampel yang dipergunakan dalam penelitiaan ini adalah sebanyak 65 sampel.
Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
1) Penelitian Lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap objek penelitian. Teknik yang digunakan adalah
(a) Wawancara (interview) yaitu melakukan wawancara Iangsung terhadap responden yang dalam hal ini adalah karyawan, hal ini dimaksudkan melalui percakapan dua arah atas inisiatif pewawancara demi memperoleh informasi dan responden.
(b) Dokumentasi yaitu mendapatkan data tertulis yang dibutuhkan, yang berasal dan dokumen dan catatan-catatan perusahaan seperti : jumlah karyawan, besarnya gaji dan upah yang diberikan, serta data lainnya yang dibutuhkan dalam penelitian ini.
(c) Kuesioner (angket) yaitu pengumpulan data melalui daftar pertanyaan yang disiapkan masing-masing responden.

2) Penelitian Kepustakaan, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh konsep dan landasan teori dengan mempelajari berbagai literature, buku, dan dokumen yang berkaitan dengan objek pembahasan. Untuk memperoleh data yang diperlukan di dalam penelitian ini digunakan teknik survei dengan angket. Angket adalah daftar pertanyaan yang didistribusikan melalui pos untuk diisi dan dikembalikan atau dapat juga dijawab di bawah pengawasan peneliti.
Langkah-langkah Penelitian
Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini adalah:
-Wawancara (interview) yaitu melakukan wawancara Iangsung terhadap responden yang dalam hal ini adalah karyawan, hal ini dimaksudkan melalui percakapan dua arah atas inisiatif pewawancara demi memperoleh informasi dan responden.
- Dokumentasi yaitu mendapatkan data tertulis yang dibutuhkan, yang berasal dan dokumen dan catatan-catatan perusahaan seperti : jumlah karyawan, besarnya gaji dan upah yang diberikan, serta data lainnya yang dibutuhkan dalam penelitian ini.
- Kuesioner (angket) yaitu pengumpulan data melalui daftar pertanyaan yang disiapkan masing-masing responden.
Hasil Penelitian
Dalam penelitian ini dapat di simpulkan sebagai berikut;
(1)Motivasi kerja secara langsung berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja.
(2) Kepuasan kerja secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan.
(3) Pengaruh tidak langsung antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja, diperoleh dari hasil penjumlahan pengaruh langsung antara Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan  pengaruh langsung antara Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan, Karena pengaruh langsung antara Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan pengaruh langsung antara Kepuasan Kerja terhadap kinerja karyawan signifikan, maka pengaruh tidak langsung antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepuasan Kerja juga signifikan positif.
Kekuatan Penelitian
Kekuatan penelitian ini adalah teknik pengumpulan data yang baik   dengan wawancara, mengumpulkan dokumentasi dan membagikan kuesioner yang membuat data hasil penelitian akurat.
Kelemahan Penelitian
Kelemahan penelitian ini adalah karena keterbatasan waktu untuk melakukan penelitian, sampel yang bisa diambil juga terbatas.
Saran Reviewer
Seharusnya sampel untuk penelitian ditambah lagi agar hasil penelitian menjadi lebih akurat.



Review Jurnal MSDM 2

Judul
Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang)
Jurnal
Jurnal Administrasi Bisnis
Volume & Halaman
Vol. 47, No. 1
Tahun
2017
Penulis
Mohammad Rifky Bagus Pratama, Mochammad Al Musadieq, Gunawan Eko Nurtjahjono
Reviewer
Elizabeth Johanes (1620200005)
Tanggal
7 Juni 2018

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan:
(1) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan.
(2) Untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian pada penelitian ini adalah karyawan Giant Mall
Olympic Garden Malang yang berjumlah 100 orang.

Metode Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian yang ini mengetahui rumusan masalah, sebab akibat variabel   yang diteliti, penelitian menggunakan (explanatory). Untuk   mengumpulkan data menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada responden yaitu karyawan Giant Mall Olympic Garden Malang yang berjumlah 100 orang. Skala yang digunakan untuk mengukur jawaban responden adalah skala ukur likert. Analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.






Langkah-langkah Penelitian
Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini adalah:
- Mengumpulkan data menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada responden yaitu karyawan Giant Mall Olympic Garden Malang yang berjumlah 100 orang.
- Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil Penelitian
Berdasarkan    hasil     analisis  data    yang dilakukan sebelumnya maka dari keseluruhan penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Giant Mall Olympic Garden Malnh, ditunjukkan dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 lebih kecil dari = 0,05 (0,000 < 0,05) dan mampu memberikan kontribusi terhadap variabel kinerja karyawan 0,510 atau sebesar 51%. Sisamya 49% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
2.Pengaruh secara parsial dapat diketahui bahwa Motivasi Kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Giant Mall Olympic Garden Malang, ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,001 lebih kecil dari = 0,05 (0,001< 0,05) dengan koefisien regresi sebesar 0,241. Kepuasan Kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan Giant Mall Olympic Garden Malang, ditunjukkan dengan nilai signifikansi t sebesar 0,000 lebih kecil dari = 0,05 (0,000 < 0,05) dengan koefisien regresi sebesar 0,411.
Kekuatan Penelitian
Kekuatan penelitian ini adalah sampel penelitian sudah cukup mewakili karyawan Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang yang membuat data hasil penelitian menjadi akurat.
Kelemahan Penelitian
Kelemahan penelitian ini adalah kurangnya teknik pengumpulan data untuk membuat hasil penelitian menjadi lebih akurat.
Saran Reviewer
Seharusnya teknik pengumpulan data ditambah lagi seperti wawancara, mengumpulkan dokumentasi dan observasi lapangan unuk membuat data menjadi lebih akurat.



Review Jurnal MSDM 3

Judul
Effect of Job Satisfaction and Motivation towards Employee’s Performance in XYZ Shipping Company
(Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Perusahaan Pelayaran XYZ )
Jurnal
Journal Of Education and Practice
Volume & Halaman
Vol. 8, No. 8
Tahun
2017
Penulis
Ramona Octaviannand, Nurmala K. Pandjaitan, Sadikin Kuswanto
Reviewer
Elizabeth Johanes (1620200005)
Tanggal
7 Juni 2018

Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan:
 (1)Untuk menganalisa pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan.       
(2) Untuk menganalisa pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan.
(3) Untuk menganalisa pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan secara simultan.
Subjek Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pelayaran XYZ yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan, yang beroperasi di bidang jasa ekspor dan impor. Penelitian ini ditujukan untuk semua karyawan baik karyawan dalam status karyawan kontrak yang sudah memiliki masa kerja setahun hingga karyawan dengan status permamen untuk mengetahui seberapa puas dan termotivasi dalam pekerjaan mereka untuk meningkatkan kinerja karyawan.
Metode Penelitian
Untuk mendapatkan data opini individu teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner kepada karyawan status permanen dan status karyawan kontrak yang memiliki masa jabatan lebih dari satu tahun. Jumlah responden dalam penelitian ini terbatas hanya 70 orang dari departemen pemasaran, costumer service, logistik, dokumentasi, kasir, jasa keuangan dan agen pelabuhan. Setiap divisi memilih 10 orang yang telah bekerja lebih dari satu tahun meskipun masih merupakan karyawan kontrak. Responden dipilih dengan metode purposive sampling untuk mewakili masing-masing divisi kerja dan teknologi terkait pada perusahaan pelayaran XYZ.
Langkah-langkah Penelitian
Langkah-langkah dalam melakukan penelitian ini adalah:
-Mengumpulkan data dengan membagikan kuesioner kepada karyawan.Hasil kuesioner akan menunjukkan kepuasan kerja, motivasi kerja dan kinerja karyawan.
-Melakukan wawancara dengan para pemimpin penilaian manajemen studi saat ini.
-Mengumpulkan data sekunder seperti hasil evaluasi karyawan setiap tahun, data karyawan dan jenis pekerjaan yang dilakukan karyawan.
Hasil Penelitian
-Berdasarkan hasil analisis kepuasan kerja dan motivasi karyawan pada Perusahaan Pelayaran XYZ secara umum kepuasan kerja dan motivasi kerja mempengaruhi kinerja karyawan. Kinerja karyawan umumnya dipengaruhi oleh kepuasan kerja dan motivasi kerja, tetapi pelaksanaannya tidak berjalan optimal.
-Kepuasan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Pelayaran XYZ. Secara parsial motivasi kerja memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja dan motivasi sama-sama mempengaruhi kinerja karyawan.
-Pimpinan Perusahaan Pengiriman XYZ sebagai pengambil keputusan harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja karyawan termasuk dengan meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi karyawan dengan memperhatikan peningkatan pendapatan karyawan, jaminan pensiun, penyediaan tugas yang adil, perhatian terhadap pengembangan karir, pemimpinan dapat memberikan suasana kerja yang baik, mendengarkan karyawan, dan memimpin lebih banyak karyawan dan mampu memberikan arahan, bimbingan, instruksi dan evaluasi kepada karyawan, kebutuhan untuk perbaikan dalam memberikan insentif yang adil.
Kekuatan Penelitian
Kekuatan penelitian ini adalah teknik pengumpulan data yang digunakan sudah cukup baik untuk mewakili karyawan Perusahaan Pelayaran XYZ yang membuat penelitian menjadi akurat.
Kelemahan Penelitian
Kelemahan penelitian ini adalah sumber data yang digunakan kurang untuk membuat penelitian menjadi lebih akurat.
Saran Reviewer
Seharusnya sumber data yang digunakan ditambah lagi agar hasil penelitian menjadi lebih akurat.


Daftar Pustaka:
- https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/12267/7767
http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1815/2197
https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1138941.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PERUBAHAN BUDAYA & ORGANISASI

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PERUBAHAN BUDAYA & ORGANISASI Review Jurnal 1 (Nasional) Judul Manajemen Perubahan ...