PROSES MSDM BANK
MANDIRI
Disusun
Oleh:
Nama :Elizabeth
Johanes
Kelas :MJ3A
NPM :1620200005
SEKOLAH TINGGI ILMU
EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
TAHUN AJARAN 2017
Kata Pengantar
Puji syukur saya
panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan pertolonganNya
sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah ini. Melalui makalah ini, saya juga
mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pengajar yang turut membantu terselesainya
makalah ini.
Dalam Makalah ini kami
membahas tentang proses manajemen sumber daya manuisa. Telah kita ketahui bahwa
pembelajaran kita dalam manajemen sumber daya manuisia ini menyangkut
pembelajaran tentang perusahaan dan hal terpenting dalam tercapainya usaha yang
maju tergantung dari kemampuan Sumber Daya Manusia didalam perusahaan tersebut.
Oleh karena itu saya saya akan membahas tentang proses manajemen sumber daya
manusia di PT.Bank Mandiri agar kita lebih memahami dan mengerti bagaimana arti
manajemen sumber daya manusia didalam perusahaan.
Makalah ini akan
menjelaskan mengenai Proses Sumber Daya Manusia yang saya rangkum dari berbagi
sumber baik melalui buku penunjang maupun dari sumber-sumber lainnya.
Untuk itu semoga
makalah yang saya buat ini dapat menjadi dasar dan acuan agar kita menjadi
lebih kreatif lagi dalam membuat suatu laporan atau makalah.
DAFTAR
ISI
BAB I
Latar
Belakang……………………………………………………………………………………..1
Rumusan
Masalah…………………………………………………………………………………1
Tujuan
Penelitian…………………………………………………………………………………..1
BAB II
Pengertian
MSDM…………………………………………………………………………………2
Sejarah
Bank Mandiri……………………………………………………………………………..2
Proses
MSDM Bank Mandiri……………………………………………………………………..3
BAB III
Kesimpulan…………………………………………………………………………………………7
Saran………………………………………………………………………………………………..7
Daftar
Pustaka……………………………………………………………………………………..8
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Menurut
Erni dan Kurniawan (2008: 196), Proses manajemen sumber daya manusia adalah
segala proses yang berkaitan dengan upaya yang dilakukan dari mulai perencanaan
sumber daya manusia, perekrutan, penandatanganan kontrak kerja,penetapan tenaga
kerja, hingga pembinaan dan pengembangan tenaga kerja guna menempatkan dan tetap
memelihara tenaga kerja pada posisi dan kualifikasi tertentu serta bertanggung
jawab sesuai dengan persyaratan yang diberikan kepada tenaga kerja tersebut.
Selanjutnya
Erni dan Kurniawan (2008: 196) menambahkan bahwa secara garis besar proses
manajemen SDM di bagi kedalam lima bagian fungsi utama terdiri dari:
1.Human Resource Planning. Merencanakan
kebutuhan dan pemanfaatan sumber daya manusia bagi perusahaan
2.Personnel Procurement. Mencari
dan mendapatkan sumber daya manusia, termasuk didalamnya rekrutmen, seleksi dan
penempatan serta kontrak tenaga kerja.
3.Personnel Development. Mengembangkan
sumber daya manusia, termasuk didalamnya program orientasi tenaga kerja,
pendidikan dan pelatihan.
4.Personnel Maintenance. Memelihara
sumber daya manusia, termasuk didalamnya pemberian penghargaan, insentif,
jaminan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja, dan lain sebagainya.
5.Personnel utilization. Memanfaatkan
dan mengoptimalkan sumber daya manusia, termasuk didalamnya promosi, demosi,
transfer dan juga separasi.
Berdasarkan hal tersebut,saya akan
menjelaskan proses manajemen sumber daya manusia yang diterapkan PT.Bank
Mandiri dari awal sampai akhir untuk menambah wawasan pembaca agar mengetahui
prosesnya.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Manajemen Sumber Daya
Manusia?
2. Apa sejarah Bank Mandiri
3. Bagaimana proses MSDM Bank Mandiri?
1.3
Manfaat Penelitian
1. Mengetahui arti
Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Mengetahui sejarah Bank Mandiri
3. Mengetahui proses MSDM Bank Mandiri
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Manajemen sumber
daya manusia,
disingkat MSDM, adalah
suatu ilmu atau cara
bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber
daya (tenaga
kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien
dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal)
bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari
pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin -
dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Kajian MSDM menggabungkan beberapa
bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dan lain-lain.Unsur
utama MSDM adalah manusia.
Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut
desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan
karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan
hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan
semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber
daya manusianya.
2.2 SEJARAH BANK MANDIRI
Bank
Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program
restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintaha Indonesia.
Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah --
Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim and Bapindo–dilebur menjadi Bank Mandiri.
Masing-masing dari keempat legacy banks memainkan peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia.
Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.
Sejarah keempat Bank (BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo) tersebut sebelum bergabung menjadi Bank Mandiri, dapat ditelusuri lebih dari 140 tahun yang lalu.
Keempat bank nasional tersebut telah turut membentuk riwayat perkembangan dunia perbankan Indonesia, dan masing-masing telah memainkan peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.
Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah --
Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim and Bapindo–dilebur menjadi Bank Mandiri.
Masing-masing dari keempat legacy banks memainkan peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia.
Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.
Sejarah keempat Bank (BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo) tersebut sebelum bergabung menjadi Bank Mandiri, dapat ditelusuri lebih dari 140 tahun yang lalu.
Keempat bank nasional tersebut telah turut membentuk riwayat perkembangan dunia perbankan Indonesia, dan masing-masing telah memainkan peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.
Pra-penggabungan
Sejarah keempat Bank (BBD, BDN, Bank Exim, dan Bapindo) tersebut
sebelum bergabung menjadi Bank Mandiri, dapat ditelusuri lebih dari 140 tahun
yang lalu. Keempat bank nasional tersebut telah turut membentuk riwayat
perkembangan dunia perbankan Indonesia, dan masing-masing telah memainkan
peranan yang penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.
Bank Dagang Negara
Bank Dagang Negara merupakan salah satu bank
tertua di Indonesia. Sebelumnya Bank Dagang Negara dikenal sebagai Nederlandsch
Indische Escompto Maatschappij yang didirikan di Batavia (Jakarta) pada tahun
1857. Pada tahun 1949 namanya berubah menjadi Escomptobank NV. Selanjutnya,
pada tahun 1960 Escomptobank dinasionalisasi dan berubah nama menjadi Bank
Dagang Negara, sebuah Bank pemerintah yang membiayai sektor industri dan
pertambangan.
Bank Bumi Daya
Bank Bumi Daya didirikan melalui suatu proses panjang yang bermula dari
nasionalisasi sebuah perusahaan Belanda De Nationale Handelsbank NV, menjadi
Bank Umum Negara pada tahun 1959. Pada tahun 1964, Chartered Bank (sebelumnya
adalah Bank milik Inggris) juga dinasionalisasi, dan Bank Umum Negara diberi
hak untuk melanjutkan operasi Bank tersebut. Pada tahun 1965, bank umum negara
digabungkan ke dalam Bank Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Bank
Negara Indonesia Unit IV beralih menjadi Bank Bumi Daya.
Bank Ekspor Impor
Indonesia
Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) berawal dari perusahaan
dagang Belanda N.V. Nederlansche Handels Maatschappij yang didirikan pada tahun
1842 dan mengembangkan kegiatannya di sektor perbankan pada tahun 1870.
Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini pada tahun 1960, dan
selanjutnya pada tahun 1965 perusahan ini digabung dengan Bank Negara Indonesia
menjadi Bank Negara Indonesia Unit II. Pada tahun 1968 Bank Negara Indonesia
Unit II dipecah menjadi dua unit, salah satunya adalah Bank Negara Indonesia
Unit II Divisi Expor – Impor, yang akhirnya menjadi BankExim, bank Pemerintah
yang membiayai kegiatan ekspor dan impor.
Bank Pembangunan Indonesia
Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo)
berawal dari Bank Industri Negara (BIN), sebuah Bank Industri yang didirikan
pada tahun1951. Misi Bank Industri Negara adalah mendukung pengembangan sektor
– sektor ekonomi tertentu, khususnya perkebunan, industri, dan pertambangan.
Bapindo dibentuk sebagai bank milik negara pada tahun 1960 dan BIN kemudian
digabung dengan Bank Bapindo. Pada tahun 1970, Bapindo ditugaskan untuk
membantu pembangunan nasional melalui pembiayaan jangka menengah dan jangka
panjang pada sektor manufaktur, transportasi dan pariwisata.
pada tahap pertama ini, bank mandiri biasanya akan datang ke kampus-kampus / job fair untuk melakukan screen cv yang teman-teman. Hasil screen CV diumumkan kurang lebih 1 sampai 2 jam sejak pengumpulan CV pada stand rekrutmen bank mandiri. Peserta yang lolos CVnya akan di interview secara berbarengan (5 peserta) oleh 1 orang interviewer yang merupakan HRD bank Mandiri. Pertanyaan pada tahap ini adalah seputar motivasi dan kesiapan untuk di tempatkan di seluruh indonesia. Pengumuman peserta yang lolos pada tahap pertama ini dilakukan setelah semua peserta interview pada bacth/group tersebut selesai di wawancara.
Peserta yang lolos pada tahap pertama kemudian akan diundang untuk mengikuti test toefl pada tempat yang telah ditentukan. Test toefl yang diberikan adalah test toefl ITP atau paper based. Test ini merupakan test toefl tertulis yang berisi materi listening, reading, dan writing expression. Waktu pengerjaan untuk test ini kurang lebih 2 jam. Mempelajari buku grammar dan belajar listening melalui software akan sangat membantu proses pengerjaan. Karena waktunya yang singkat sebaiknya pengerjaan tiap soal dilakukan dengan cepat/dimanage dengan baik. Hasil dari tahap kedua atau test toefl diumumkan dalam selang waktu satu minggu.
Tahap ke tiga adalah test aptitude. Bank Mandiri melakukan kerjasama dengan biro test yaitu SHL dalam pelaksanaan test ini. Isi materi test aptitude SHL adalah uji kemampuan verbal dan numerikal/grafik.
2.3` PROSES MSDM
BANK MANDIRI
1.
Perencanaan
Sebelum melakukan perekrutan
karyawan,Bank Mandiri melakukan perecanaan sumber daya manusia yang terdiri
dari:
1.
Metode perekrutan karyawan. Dikatakan bahwa saat ini Bank Mandiri berfokus pada
soal pengembangan tenaga kerja dengan menyasar fresh graduate dari univesitas
tertentu. Para fresh graduate disasar untuk kemudian dididik menjadi tenaga
ahli yang diperbantukan di cabang daerah.
Berkaitan
dengan cara ini, Bank Mandiri mengembangkan program Regional Office
Development, di mana rekrutan diutamakan pada orang-orang/calon karyawan yang
merupakan putra-putri asli dari daerah tertentu. Ini dilakukan demi mengurangi
adanya pembajakan tenaga kerja.
2.
Dalam upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas, Bank Mandiri selalu
berkiblat pada pembentukan budaya TIPCE, yakni:
a) Trust, atau membangun keyakinan dan prasangka baik di antara pada pengambil kebijakan. Dalam memelihara hubungan, Bank Mandiri percaya bahwa keandalan karyawan adalah kunci pertamanya.
a) Trust, atau membangun keyakinan dan prasangka baik di antara pada pengambil kebijakan. Dalam memelihara hubungan, Bank Mandiri percaya bahwa keandalan karyawan adalah kunci pertamanya.
b)
Integrity, atau selalu berperilaku, berkata, serta berpikir terpuji. Para
karyawan Bank Mandiri selalu dituntut untuk menjunjung kode etik serta menjaga
martabat perusahaan.
c)
Professionalism, yakni berkomitmen untuk menuntaskan pekerjaan dengan cara
seakurat mungkin. Dengan kata lain, para karyawan Bank Mandiri didik untuk
memiliki kompetensi terbaik, serta melakukan segala jenis pekerjaan dengan
penuh tanggung jawab.
d)
Costumer focus, yakni mindset di mana pelanggan diperlakukan sebagai mitra
utama yang akan saling memberi keuntungan di masa depan. Dengan demikian,
perusahaan bisa tumbuh dalam kesinambungan yang ajek.
e)
Excellence, yakni para karyawan dituntut untuk melakukan dan mengembangkan diri
di segala bidang, dengan tujuan supaya hasil dan nilai tambah yang optimal bisa
diraih terus menerus.
3.Menambah
karyawan sesuai dengan tingkat kebutuhan bank mandiri. Dalam hal ini,
perekrutan karyawan haruslah tepat sasaran dan sesuai dengan kebijakan
perekrutan karyawan di Bank Mandiri.
2.
Perekrutan
Tahap-tahap
perekrutan Bank Mandiri:
1.Walk in interview
pada tahap pertama ini, bank mandiri biasanya akan datang ke kampus-kampus / job fair untuk melakukan screen cv yang teman-teman. Hasil screen CV diumumkan kurang lebih 1 sampai 2 jam sejak pengumpulan CV pada stand rekrutmen bank mandiri. Peserta yang lolos CVnya akan di interview secara berbarengan (5 peserta) oleh 1 orang interviewer yang merupakan HRD bank Mandiri. Pertanyaan pada tahap ini adalah seputar motivasi dan kesiapan untuk di tempatkan di seluruh indonesia. Pengumuman peserta yang lolos pada tahap pertama ini dilakukan setelah semua peserta interview pada bacth/group tersebut selesai di wawancara.
2. Test Toefl
Peserta yang lolos pada tahap pertama kemudian akan diundang untuk mengikuti test toefl pada tempat yang telah ditentukan. Test toefl yang diberikan adalah test toefl ITP atau paper based. Test ini merupakan test toefl tertulis yang berisi materi listening, reading, dan writing expression. Waktu pengerjaan untuk test ini kurang lebih 2 jam. Mempelajari buku grammar dan belajar listening melalui software akan sangat membantu proses pengerjaan. Karena waktunya yang singkat sebaiknya pengerjaan tiap soal dilakukan dengan cepat/dimanage dengan baik. Hasil dari tahap kedua atau test toefl diumumkan dalam selang waktu satu minggu.
3.Test
Aptitude SHL
Tahap ke tiga adalah test aptitude. Bank Mandiri melakukan kerjasama dengan biro test yaitu SHL dalam pelaksanaan test ini. Isi materi test aptitude SHL adalah uji kemampuan verbal dan numerikal/grafik.
Pada
tiap soal test verbal diberikan satu teks paragraf dan statement tertentu,
kemudian disediakan 3 pilihan jawaban yaitu benar, salah, dan tidak dapat
menentukan.
Pada
bagian numerikal/grafik diberikan grafik-grafik dan pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan grafik tersebut. Pertanyaannya dapat berupa pemahaman dalam
membaca data dalam grafik ataupun kemampuan untuk menghitung secara sederhana
data-data berupa angka yang terdapat dalam grafik/tabel yang diberikan.
Sama
seperti pada pengerjaan toefl, waktu yang diberikan pada test aptitude ini
sangat singkat. Untuk bisa menyelesaikan sebagian besar soal, dibutuhkan
konsentrasi dan manajemen waktu yang baik. Latihan-latihan pada web SHL dapat
membantu membiasakan diri membaca grafik maupun representasi data dalam bentuk
tabel. Hasil tahap ini akan di umumkan selang seminggu dari pelaksanaan test.
4.FGD/LGD. Forum Group Discussion/
Leaderless Group Discussion
Pada tahap ke empat dilaksanakan FGD/LGD. Ini merupakan
mekanisme seleksi menggunakan format diskusi kelompok untuk membahas topik
tertentu yang diberikan. Pada perusahaan seperti perbankan dan manufactur topik
yang umum dibahas adalah mengenai penyusunan strategi marketing untuk
memasarkan produk tertentu. Kunci pada tahap ini adalah bersikap aktif dan
menunjukkan etika diskusi yang baik.
5. User Interview / Group Head Interview
Setelah Lolos pada tahap FGD diadakan tahap User/Group Head
interview. Interviewer dapat berjumlah 1 atau 2 orang dengan materi wawancara
berupa wawasan field kerja bank, leadership, dan komitmen kerja apabila
diterima pada bank Mandiri. Suasana yang dibangun pada interview ini sebenarnya
santai, namun sikap serius dan bertanggung jawab sebaiknya ditunjukkan kepada
interviewer untuk meyakinkan mereka. Kebanyakan yang sudah sampai pada tahap
ini dapat dipastikan lolos untuk medical checkup atau sign-in kontrak
6. Medical Check Up
Proses medical check up bank mandiri dapat dilaksanakan sesudah
atau sebelum user interview. Hal ini dikarenakan oleh jadwal rekrutmen bank
mandiri yang padat dan jadwal ketersediaan user pada tempat dan waktu yang
ditentukan. Proses ini biasanya mengakhiri proses Rekrutmen Bank Mandiri
ODP dan dilanjutkan dengan tanda tangan kontrak.
3.
Pengembangan
Strategi
Pengembangan SDM Bank Mandiri adalah:
1.Mengeluarkan
dana (misal : lebih dari 400 miliar rupiah pada tahun 2013) untuk melatih
tenaga-tenaga baru dan mengirimkan ratusan karyawan terbaik belajar ke dalam
negeri dan luar negeri agar siap berinovasi. Hal ini sesuai dengan Kodifikasi
BI mengenai Penyediaan Dana untuk Pengembangan SDM Bank Umum.
2.Bank
Mandiri mengembangkan SDM internal melalui pembekalan di bidang kepemimpinan
dengan mendatangkan pakar internasional seperti Marshal Goldsmith.
3.Bank
Mandiri menyelenggarakan seminar “Chinese Life Philosophies” bermaksud
membekali pegawai Bank Mandiri untuk lebih memahami nilai kepercayaan yang
tertanam sangat baik di masyarakat etnis Tionghoa serta bagaimana bisa
mendapatkan kepercayaan itu.
4.
Penghargaan
Bank Mandiri mengadakan Mandiri
Exellence Award yang merupakan ajang penghargaan tahunan bagi karyawan Bank
Mandiri.Penghargaan yang diberikan antara lain Pegawai Terbaik,Service
Terbaik,Unit Kerja Terbaik,Inovasi Terbaik dan penghargaan lainnya yang terkait
dengan pencapaian kinerja maupun implementasi budaya di Mandiri
Group.Penghargaan ini dilakukan setiap tahun yang dihadiri Dewan
Komisaris,Direksi/SEVP dan tamu undangan lainnya.Acara yang dihadiri ini
diikuti sekitar 500 orang.
Sejak tahun 2010,
acara Mandiri Exellent Award diselenggarakan dalam rangka penyerahan Award
dari beberapa Award yang diberikan oleh unit kerja terkait antara lain
Mandiri Innovation
Award (MIA), Mandiri Best
Employee (MBE), Culture
Excellence Award (CEA), Subsidiaries Culture Excellence Award (SCEA), Best Service Excellence (BSE), Strategic Account Management Award.
5.
Kompensasi
Insentif
yang diterima karyawan Bank Mandiri adalah:
1. Gaji Pokok
2. Tunjangan Insentif
3. Tunjangan THR
4. Tunjangan Cuti Tahunan
5. Tunjangan Lembur
6. Asuransi bagi karyawan dan keluarganya
6.
Mutasi
Bank Mandiri biasanya melakukan mutasi karyawan
jika ada karyawan yang berada di suatu cabang Bank Mandiri berhenti secara
mendadak atau karena kekurangan pegawai di suatu cabang tetapi belum bisa melakukan
perekrutan.
Cara
untuk mengisi kekosongan posisi tersebut adalah dengan melakukan mutasi kepada
karyawan yang dianggap dapat bekerja di cabang lain atau bahkan keluar kota.
7.
Promosi
Bank Mandiri biasanya melakukan promosi
jabatan bagi karyawan yang sudah lama bekerja dan karyawan yang memiliki
kinerja yang baik.Penilaian karyawan yang dipromosikan berdasarkan lama waktu
bekerja,kinerja selama bekerja di Bank Mandiri,prestasi dan kebutuhan untuk
mengisi kekosongan jabatan.Biasanya Bank Mandiri juga melakukan tes untuk menentukan apakah karyawan tersebut
layak untuk dipromosikan atau tidak.Bank Mandiri juga mempromosikan karyawan
yang sudah lama mengabdi dan memiiliki kinerja yang baik.
8.
Pemutusan Hubungan
Kerja
Bank
Mandiri sebelum melakukan pemutusan hubungan kerja dengan seorang atau
beberapa,biasanya Manajer selalu mengawasi kinerja karyawan apakah baik atau
tidak,sering membuat kesalahan atau tidak,disiplin atau tidak,dapat mencapai
target atau tidak.Sebelum melakukan PHK,Manajer Bank Mandiri biasanya
memberikan surat peringatan kepada karyawan yang berbuat kesalahan,tidak
disiplin,tidak bekerja dengan sungguh-sungguh.Setelah
memberikan
surat peringatan kepada karyawan tersebut,Manajer akan tetap mengawasi karyawan
tersebut apakah karyawan tersebut masih melakukan kesalahan yang sama atau
tidak.Jika karyawan tersebut mash melakukan kesalahan yang sama
berulang-ulang,maka Manajer akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja dengan
karyawan tersebut dengan tetap memberikan kompensasi yang harus dipenuhi kepada
karyawan tersebut.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Bank Mandiri adalah Bank yang sudah berdiri
sejak 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari cara restukturisasi perbankan dari
pemerintah.Bank Mandiri merupakan penggabungan dari 4 Bank yang terdiri dari
Bank Dagang Negara,Bank Bumi Daya,Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank
Pembangunan Indonesia.Dalam merencanakan SDMnya,Bank Mandiri mencari fresh graduate
dari berbagai universitas kemudian mereka akan ditempatkan diberbagai cabang
Bank Mandiri.Dalam membangun SDM yang berkualitas Bank Mandiri memakai 5 prinsip
yaitu,Trust,Integrity,Professionalism,Costumer Focus dan Exellence.Bank Mandiri
juga memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk berkembang dengan mengikuti
berbagai pelatihan dan pendidikan.Bagi karyawan yang berprestasi,akan
mendapatkan penghargaan.Kompensasi yang diberikan adalah gaji,tunjangan hari
raya,tunjangan cuti tahunan,tunjangan lembur dan sebagainya.Mutasi akan
dilakukan jika sedang ada cabang Bank Mandiri yang kekurangan karyawan kepada
karyawan yang dianggap dapat bertugas di cabang lain.Promosi diberikan kepada
karyawan yang sudah lama mengabdi dan karyawan yang berprestasi.PHK akan
dilakukan jika karyawan sering berbuat kesalahan,tidak mentaati aturan dan
tidak disiplin
3.2
Saran
1. Bank Mandiri harus
tetap dapat mengelola karyawannya dengan baik agar karyawan tersebut dapat memberikan
kinerja yang baik dan nasabah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan
2. Karyawan yang
berprestasi harus dipertahankan dan dikembangkan akan dapat membantu Bank
Mandiri menjadi semakin maju dan dapat bersaing dengan Bank lainnya
3. Dalam memilih karyawan,pilihlah
calon karyawan yang dapat bekerja sesuai dengai aturan yang ditetapkan dan
orang yang tidak mudah pindah kerja ke tempat lain.
Daftar Pustaka
Wikipedia,
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Mandiri
Financial,bisnis,
http://finansial.bisnis.com/read/20150314/90/411786/mandiri-execellent-award-berikan-untuk-karyawan-bank-mandiri-di-kalbar
Ilmumanajemensdm,
http://ilmumanajemensdm.com/strategi-pengembangan-sdm-bank-mandiri/
Info
hargaharga, http://infohargaharga.id/gaji-pegawai-bank-mandiri
80
BalasHapus