Minggu, 08 April 2018

PROSES MSDM ALFAMART


TUGAS MSDM LANJUTAN
ALFAMART





                                    




                                                            Disusun Oleh:

                                                Nama   :Elizabeth Johanes
                                                Kelas   :MJ4A
                                                NPM   :1620200005













SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
                                    TAHUN AJARAN 2018





KATA PENGANTAR



           
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah yang membahas tentang Retail “Alfamart”.Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan karya tulis ini.
            Penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan karya tulis ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik.Penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai Retail Alfamart.Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ilmiah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.


DAFTAR ISI

BAB I
Latar Belakang……………………………………………………………………………..1
Rumusan Masalah……………………………………………………………….…………1
Tujuan Penelitian…………………………………………………………………………..1
BAB II
Sejarah Alfamart…...………………………………………………………………………2
Proses MSDM Alfamart…………………………………….……………………………..2
Permasalahan SDM Alfamart……………………….……………………………………..3
BAB III
Kesimpulan………………………………………...………………………………………7
Saran……………………………………...………………………………………………..7
Daftar Pustaka…………………….………………………………………………………..8


BAB I
PENDAHULUAN
                                                                                      

1.1              Latar Belakang

Eceran atau disebut pula retail adalah salah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnisOrganisasi ataupun seseorang yang menjalankan bisnis ini disebut pula sebagai pengecer. Pada praktiknya pengecer melakukan pembelian barang ataupun produk dalam jumlah besar dari produsen, ataupun pengimport baik secara langsung ataupun melalui grosir, untuk kemudian dijual kembali dalam jumlah kecil.


1.2              Rumusan Masalah
1.      Apa sejarah alfamart?
2.      Bagaimana proses MSDM Alfamart?
3.      Apa permasalahan MSDM Alfamart?

1.3              Manfaat Penelitian
1.      Untuk mengetahui sejarah alfamart.
2.      Untuk mengetahui proses MSDM Alfamart.
3.      Untuk mengetahui permasalahan MSDM Alfamart.



BAB II
PEMBAHASAN


2.1       Sejarah Alfamart

1989
Berdiri sebagai perusahaan dagang aneka produk oleh Djoko Susanto dan keluarga yang kemudian mayoritas kepemilikannya dijual kepada PT. HM Sampoerna pada Desember 1989.
1994
Struktur kepemilikan berubah menjadi 70% PT HM Sampoerna Tbk dan 30% PT Sigmantara Alfindo (keluarga Djoko Susanto).
1999
Alfa Minimart pertama mulai beroperasi di Jl. Beringin Jaya, Karawaci, Tangerang, Banten.
2003
Alfa Minimart’ menjadi ‘Alfamart’.
2005
Jumlah gerai Alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya dalam enam tahun. Semua toko berada di pulau Jawa.
2006
PT HM Sampoerna Tbk menjual sahamnya, sehingga struktur kepemilikan menjadi PT Sigmantara Alfindo (60%) dan PT Cakrawala Mulia Prima (40%). Mendapat Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu”.
2007
Alfamart sebagai Jaringan Minimarket Pertama di Indonesia yang memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu. Jumlah gerai mencapai 2000 toko. Memasuki Pasar Lampung.
Menjadi perusahaan publik pada tanggal 15 Januari 2009 di Bursa Efek Indonesia. Jumlah gerai mencapai 3000 toko. Memasuki Pasar B.

VISI
“Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global”
MISI
1.      Memberikan kepuasan kepada pelanggan / konsumen dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas unggul.
2.      Selalu menjadi yang terbaik dalam segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku / etika bisnis yang tertinggi.
3.      Ikut berpartisipasi dalam membangun negara dengan menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha.
4.      Membangun organisasi global yang terpercaya, tersehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi pelanggan , pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya.

2.2       Proses MSDM Alfamart
           
1.      Perencanaan SDM
Dalam mencari karyawan,Alfamart menggunakan sumber eksternal atau dari luar karena Alfamart tidak memiliki lembaga pendidikan atau pelatihan khusus untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk bisa bekerja di Alfamart.Jadi Alfamart melakukan perekrutan dengan sumber eksternal lalu jika diterima akan diberikan pelatihan dalam suasana pekerjaan yang sesungguhnya.

2.      Rekrutmen&Seleksi
1.      Mengirimkan surat lamaran
Calon karyawan mengirim surat lamaran ke Alfamart untuk kemudian diproses untuk mengikuti tahap seleksi.
2.      Psikotest
Calon karyawan akan mengikuti psikotest 2 minggu setelah mengirimkan surat lamaran.Calon Karyawan yang lolos tahap psikotest akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya.
3.      Wawancara
Calon karyawan yang lolos tahap psikotest akan mengikuti tahap wawancara dengan HRD Alfamart tersebut.Calon karyawan yang lolos akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya
4.      Medical Check Up
Calon karyawan yang lolos akan mengikuti Medical Check Up untuk menentukan apakah calon karyawan tersebut layak untuk bekerja di Alfamart atau tidak.
5.      Penandatangan Kontrak
Karyawan yang lolos Medical Check Up akan menandatangani kontrak kerja dengan Alfamart dan dapat bekerja di Alfamart sesuai posisi yang diajukan di surat lamaran.

1.      Pelatihan Kerja
Materi yang diajarkan pada saat pelatihan adalah Kepemimpinan,Penataan Barang dan Pelayanan.Setiap tahun Alfamart menggelar Operation National Training untuk melatih karyawan baru yang diterima bagi sekitar 500 koordinator area di seluruh Indonesia.Biasanya setelah diberi pelatihan selama 3 minggu dengan materi sesuai dengan kebutuhan dan jabatan karyawan,mereka akan langsung ditempatkan ke toko masing-masing Franchisee.Metode yang dipakai adalah on the job training dan apperentinceship training.

2.      Imbalan/balas jasa karyawan
Intensif karyawan Alfamart:
1.      Gaji
2.      Bonus
3.      Tunjangan hari raya
4.      Asuransi
5.      Jaminan Sosial
6.      BPJS

3.      Pemutusan Hubungan Kerja
Alfamart akan melakukan pemutusan hubungan kerja kepada karyawan yang sudah memasuki usia pensiun,tidak dapat bekerja lagi,melanggar kontrak kerja,tidak mentaati aturan yang ditetapkan perusahaan,berakhirnya kontrak kerja atau karyawan yang bersangkutan memutuskan untuk berhenti bekerja di Alfamart.

2.3       Permasalahan SDM Alfamart
            Permasalahn SDM Alfamart diantaranya
1.      Keterlambatan Karyawan
Beberapa karyawan karyawan Alfamart sering datang terlambat sehingga akan menyulitkan bagi Alfamart untuk melayani pembeli jika kekurangan karyawan.
2.      Karyawan Malas Bekerja
Karyawan Alfamart ada yang malas bekerja sehingga memperlambat pekerjaan yang harus diselesaikan di Alfamart tersebut.
3.      Karyawan Tidak Teliti Dalam Bekerja
Ada karyawan Alfamart yang tidak teliti dalam menyusun barang yang dijual,menhitung jumlah persediaan barang yang dijual yang membuat terjadinya kesalahan laporan. 



BAB III
PENUTUP


3.1       Kesimpulan
Pada tanggal 27 Juni 1999, PT. Alfa Mitramart Utama didirikan oleh PT. Alfa Retailindo, Tbk dan PT. Lancar Distrindo. Toko pertamanya dengan nama Alfa Minimart didirikan pada tanggal 18 Oktober 1999 di Jl. Beringin Raya, KarawaciTangerang.
Pada tanggal 1 Agustus 2002, kepemilikan PT. Alfa Mitramart Utama beralih ke PT. Sumber Alfaria Trijaya yang sahamnya dimiliki oleh HM Sampoerna (70%) dan PT. Sigmantara Alfindo (30%).
Mulai tanggal 1 Januari 2003, Alfa Minimart berubah menjadi Alfamart. Pada bulan Januari 2009, PT. Sumber Alfaria Trijaya menggelar penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO).
Saat ini, kantor pusat Alfamart serta gerai flagship-nya di Jabodetabek berada di Jl. MH. Thamrin No. 9, Cikokol, Tangerang.
Terdapat beberapa proses untuk dapat menjadi karyawan alfamart.Dimulai dari mengirimkan surat lamaran,mengikuti psikotest,wawancara,Medical Check Up dan penandatanganan kontrak kerja.Setelah diterima,karyawan akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu sebelum mulai bekerja.Karyawan Alfamart juga akan mendapat imbalan seperti gaji,bonus,tunjangan hari raya,asuransi,jaminan sosial dan BPJS.
Permasalahan SDM yang dihadapi Alfamart antara lain keterlambatan karyawan untuk datang bekerja.karyawan malas bekerja dan karyawan tidak teliti dalam bekerja.

3.2       Saran
           
1.      Alfamart harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
2.      Dalam melakukan perekrutan, Alfamart harus bisa memilih karyawan yang dapat bekerja sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
3.      Alfamart harus selalu menjual produk yang berkualitas baik dan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.


Daftar Pustaka

https://prezi.com/wvr1fjgjxlwc/analisis-sdm-pt-alfamart/
http://gemilangmuda.blogspot.co.id/2015/11/pengalaman-seleksi-ct-di-pt-sumber.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Alfamart



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PERUBAHAN BUDAYA & ORGANISASI

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PERUBAHAN BUDAYA & ORGANISASI Review Jurnal 1 (Nasional) Judul Manajemen Perubahan ...