Senin, 08 Januari 2018

WARALABA J.CO DONUTS & COFFEE

TUGAS LINGKUNGAN BISNIS
J.CO DONUTS & COFFEE





                                    




                                                            Disusun Oleh:

                                                Nama :Elizabeth Johanes
                                                Kelas  :MJ3A
                                                NPM   :1620200005













SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG

                                    TAHUN AJARAN 2017



KATA PENGANTAR

 Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah lingkungan bisnis ini. Selain sebagai tugas, Makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan dan ilmu kita tentang Waralaba J.CO DONUTS & COFFEE, dimulai dari sejarahnya, produk yang dijual,syarat menjadi waralaba J.CO DONUTS & COFFEE.Dengan adanya makalah ini penulis berharap pembaca akan mendapat pengetahuan yang lebih tentang perkembangan J.CO DONUTS & COFFEE.
            Banyak sekali hambatan dalam penyusunan makalah ini baik itu masalh waktu, sarana, dan lain lain. Oleh sebab itu, Selesainya Makalah ini bukan semata mata karena kemampuan kami, Banyak pihak yang mendukung dan membantu kami. Dalam kesempatan ini, penyusu mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak pihak yang telah membantu.
            Saya harapkan makalah ini nantinya akan berguna bagi para pembaca, jika ada kesalahan dalam makalah ini kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar dapat lebih baik.
           

                                                                                     Palembang,Januari 2018
                                   

                                                                                                            Penulis
                                                                                                                                                                               


DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………………………………………………..i
Daftar Isi……………………………………………………………………………..ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang…………………………………………………………………1
1.2.Rumusan Masalah………………………………………………………….….1
1.3.Tujuan Penelitian……………………………………………………………....1
BAB II PEMBAHASAN
2.1.Pengertian Waralaba…………………………………………………………..2
2.2.Profil J.CO DONUTS&COFFEE……………………………………………...2
2.3.Syarat Menjadi Waralaba J.CO DONUTS&COFFEE……………………...3
BAB III PENUTUP
3.1.Kesimpulan……………………………………………………………………..4
3.2.Saran………………………………………………………………………...….4
Daftar Pustaka………………………………………………………………………5




BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
Demam donat dibangkitkan kembali oleh J.CO Donuts & Coffee yang membuka gerai pertamanya di Super Mall Karawaci pada tanggal 26 Juni 2005. Keberhasilan J.CO diikuti Krispy Kreme yang membuka gerai donatnya yang pertama di Mal Pondok Indah 2 pada tanggal 31 Agustus 2006. J.CO sebagai merek lokal didirikan oleh Johnny Andrean seorang penata rambut terkemuka di Indonesia. 

PT. J.CO Donuts and Coffee didirikan oleh Johnny Andrean yang sebelumnya terkenal sebagai pengusaha salon yang sukses. Tak kurang dari 168 jaringan salon dan 41 sekolah salon dimilikinya, namun insting sang penata rambut kemudian membawanya terjun ke bisnis makanan. Sejak tahun 2003 ia aktif mengembangkan J.CO. J.CO adalah produk dalam negeri dengan menggunakan konsep dari luar negeri dan disempurnakan dengan modernisasi dan kualitas terbaik. J.CO ditujukan untuk menyerbu pasar asing.
           
Persiapan J.CO membutuhkan waktu yang lama. Selama 3 tahun Johnny Andrean dan timnya mempelajari bisnis donat, mengeksplorasi resepnya, serta melakukan riset pasar dan sampling. Johnny meluncurkan J.CO dengan konsep “apa yang disukainya dan hal ini bisa diterima masyarakat”.

Pada 26 Juni 2005, J.CO mulai beroperasi pertama kali di Supermal Karawaci, Tangerang dan kemudian langsung membuka outlet sebanyak-banyaknya. Dalam waktu setahun, J.CO telah punya 16 buah gerai dengan 450-an orang karyawan untuk gerai saja. Tujuh gerai terdapat di Jakarta dan sisanya di Bandung, Surabaya, Makassar, dan Pekanbaru. Dalam waktu dekat mereka akan buka di Palembang, Batam, Manado, Bogor, Medan, dan Bali, dan ada keinginan juga untuk go international pada tahun 2007 dengan pilihan lokasi di Australia, Hongkong, atau Singapura. Sesuai dengan namanya, J.CO mempunyai produk makanan berupa donat dan produk minuman berupa kopi atau teh yang panas maupun dingin. Yang diunggulkan oleh J.CO adalah produk makanannya, yaitu donat.

J.CO.Donuts sejatinya bukan pionir di industri kafe berbasis menu kue donat di Indonesia, sebelumnya sudah ada Dunkin Donuts. Namun sejak masuk ke pasar pada pertengahan 2005, J.CO Iangsung menjadi buah bibir, mengalahkan popularitas sang incumbent Dunkin Donuts, dan membukukan pertumbuhan penjualan yang tinggi.

Menurut Indriana Lisztya R., PR Manager dan Promosi J.CO., penjualan donat J.CO. di salah satu gerai terlarisnya bisa mencapai 14 ribu donat per hari. Angka ini belum termasuk pembelian produk lainnya (seperti minuman kopi) oleh pengunjung outlet J.CO. yang jumlahnya bisa mencapai 1.200 orang per hari.

1.2         Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian waralaba?
2.    Bagaimana profil J.CO Donuts & Coffee?
3.    Apa saja syarat menjadi waralaba J.CO Donuts & Coffee?

1.3         Tujuan Penelitian
1.    Untuk mengetahui pengertian waralaba.
2.    Untuk mengetahui profil J.CO Donuts & Coffee.
3.    Untuk mengetahui syarat menjadi waralaba J.CO Donuts & Coffee.

BAB II
PEMBAHASAN


2.1       Pengertian Waralaba

Waralaba (bahasa Inggris: franchising; bahasa Perancisfranchise yang aslinya berarti hak atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

2.2       Profil J.CO Donuts & Coffee
           
1.    Filosofi Logo J.CO Donuts & Coffee

Beberapa mengatakan logo J. CO Donuts & Coffee mirip dengan logo Starbucks. Batas melingkar mungkin sama, tapi bukan merek dagang. J CO Donuts & Coffee menggunakan simbol Merak dalam logo mereka. Merak di sini melambangkan keindahan, elegan, lembut dan keabadian. Keindahan dan kelembutan tercermin dari rasa dan bentuk donat. Sementara keabadian dapat dilihat dari loyalitas konsumen yang bersedia berdiri dengan antrian panjang di toko-toko untuk mendapatkan donat favorit mereka.





 VISI & MISI J.CO DONUTS & COFFEE

Burung Merak pada logo J.CO Donuts & Coffee merupakan representasi visi dan misi perusahaan.

Visi:
1. Membentuk J.CO Donuts & Coffee sebagai International Premium Donuts andCoffee Brand terkemuka
2.Menjadi trend-setting lifestyle dalam donuts and coffee brand
3.Menjadi perusahaan yang tepat bagi orang-orang yang tepat dalam meraih cita-cita mereka.

Misi:
1. Menyediakan kualitas premium donat dan kopi
2.Mendorong karyawan dalam meraih cita-cita
3.Menempatkan pelanggan sebagai prioritas
4.Berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan sungguh-sungguh
5.Menyediakan tempat yang sempurna untuk bersantai
6.Memperlakukan setiap orang dengan hormat dan bermartabat

2      2.    Produk J.CO Donuts & Coffee

    J.CO Donuts & Coffee hadir di tengah masyarakat dengan beberapa jenis produk yang ditawarkan. Produk-produk yang dimaksud meliputi donat, kopi, cokelat, serta produk terbarunya, yogurt beku (frozen yogurt/froyo). Setiap donat diberi nama kreatif sesuai dengan topping dan rasa. Ini menciptakan sebuah keunikan dan mudah mengingat nama, Sebagai contoh, Cheese Me Up adalah nama untuk donat dengan keju meleleh di atas. Tira Miss U adalah nama dari donat dengan topping tiramisu.

    Berikut nama-nama produk yang ditawarkan J.CO Donuts & Coffee: Hazel Dazzle, Glazzy, Alcapone, Coco Loco, Cheese Me Up, Miss Green T, Why Nut, JCrown Oreo, Da Vin Cheez, Mona Pisa, Heaven Berry, Forest Glam, J.CO Praline, J.CO Yogurt, Choco Forest Freeze, J.Pops, dan masih banyak lagi.

2.3       Syarat Menjadi Waralaba J.CO Donuts & Coffee
                Syarat waralaba J.CO Donuts & Coffee:
                1.PENYELIDIKAN
                Kirimkan informasi dasar seperti kontak, profil perusahaan dan informasi keuangan.
2.PROSES SELEKSI
     Calon mitra potensial kami akan diminta untuk menyampaikan latar belakang, rencana bisnis, dan informasi keuangan yang mendalam.
3.HUKUM
     Berdasarkan pengajuan Anda, kami selanjutnya akan mendaftarkan pemohon dan mengundang mereka untuk berpartisipasi dalam tahap selanjutnya dari proses tersebut. Syarat dan ketentuan kontrak akan dibahas pada saat itu.
4.PRA-PEMBUKAAN
Melengkapi program pelatihan, desain toko, dan melakukan kampanye pasar.
5.PEMBUKAAN TOKO BARU
Pembukaan toko J.CO Donuts & Coffee Anda.

             
BAB III
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
J.CO Donuts & Coffee didirikan pada 26 Juni 2005 oleh Johnny Andrean yang sebelumnya sukses menjadi pengusaha salon.Butuh waktu 3 tahun bagi Johnny mempersiapkan J.CO Donuts & Coffee Andrean dan timnya mulai dari mempelajari bisnis donat, mengeksplorasi resepnya serta melakukan riset pasar dan sampling.
J.CO mulai beroperasi pertama kali di Supermal Karawaci, Tangerang dan kemudian membuka outlet ditempat lain.Sesuai dengan namanya, J.CO mempunyai produk makanan berupa donat dan produk minuman berupa kopi atau teh yang panas maupun dingin.Yang diunggulkan oleh J.CO adalah donat.J.CO Donuts & Coffee bukan pionir di industri kafe berbasis menu kue donat di Indonesia, sebelumnya sudah ada Dunkin Donuts, Namun sejak masuk ke pasar pada pertengahan 2005, J.CO langsung menjadi buah bibir, mengalahkan popularitas Dunkin Donuts, dan memiliki pertumbuhan penjualan yang tinggi.

3.2       Saran
 1.J.CO Donuts & Coffee sebaiknya selalu memberikan pelayanan yang ramah dan   sopan serta selalu member nilai tambah kepada konsumen agar konsumen merasa   nyaman dan inigin kembali lagi.
 2.Menambah variasi produk yang dijual agar konsumen tidak bosan dengan produk   yang sudah ada.
 3.Mengadakan promosi pada event-event tertentu seperti saat ulang tahun J.CO   Donuts & Coffee,hari kemerdekaan,hari raya dan hari lainnya untuk menarik minat   masyarakat agar ingin membeli produk J.CO Donuts & Coffee dengan harga yang   lebih murah. 

DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba
http://littleescapist.blogspot.co.id/2011/11/tulisan-2.html
https://jcodonuts.com/id/franchise
http://hafrl-kiko.blogspot.co.id/2012/11/analisis-alur-bisnis-dan-website.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PERUBAHAN BUDAYA & ORGANISASI

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PERUBAHAN BUDAYA & ORGANISASI Review Jurnal 1 (Nasional) Judul Manajemen Perubahan ...