TUGAS
LINGKUNGAN BISNIS
J.CO DONUTS &
COFFEE
Disusun
Oleh:
Nama :Elizabeth
Johanes
Kelas :MJ3A
NPM :1620200005
SEKOLAH TINGGI ILMU
EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
TAHUN AJARAN
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa, karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat menyelesaikan makalah
lingkungan bisnis ini. Selain sebagai tugas, Makalah ini dibuat untuk menambah
pengetahuan dan ilmu kita tentang Waralaba J.CO DONUTS & COFFEE, dimulai
dari sejarahnya, produk yang dijual,syarat menjadi waralaba J.CO DONUTS &
COFFEE.Dengan adanya makalah ini penulis berharap pembaca akan mendapat
pengetahuan yang lebih tentang perkembangan J.CO DONUTS & COFFEE.
Banyak sekali hambatan dalam penyusunan makalah ini baik itu masalh waktu,
sarana, dan lain lain. Oleh sebab itu, Selesainya Makalah ini bukan semata mata
karena kemampuan kami, Banyak pihak yang mendukung dan membantu kami. Dalam
kesempatan ini, penyusu mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak pihak yang
telah membantu.
Saya harapkan makalah ini nantinya akan berguna bagi para pembaca, jika ada
kesalahan dalam makalah ini kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun
agar dapat lebih baik.
Palembang,Januari
2018
Penulis
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar……………………………………………………………………..i
Daftar
Isi……………………………………………………………………………..ii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang…………………………………………………………………1
1.2.Rumusan
Masalah………………………………………………………….….1
1.3.Tujuan
Penelitian……………………………………………………………....1
BAB
II PEMBAHASAN
2.1.Pengertian
Waralaba…………………………………………………………..2
2.2.Profil
J.CO DONUTS&COFFEE……………………………………………...2
2.3.Syarat
Menjadi Waralaba J.CO DONUTS&COFFEE……………………...3
BAB
III PENUTUP
3.1.Kesimpulan……………………………………………………………………..4
3.2.Saran………………………………………………………………………...….4
Daftar
Pustaka………………………………………………………………………5
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Demam donat dibangkitkan kembali
oleh J.CO Donuts & Coffee yang membuka gerai pertamanya di Super Mall
Karawaci pada tanggal 26 Juni 2005. Keberhasilan J.CO diikuti Krispy Kreme yang
membuka gerai donatnya yang pertama di Mal Pondok Indah 2 pada tanggal 31
Agustus 2006. J.CO sebagai merek lokal didirikan oleh Johnny Andrean seorang
penata rambut terkemuka di Indonesia.
PT. J.CO Donuts and Coffee didirikan
oleh Johnny Andrean yang sebelumnya terkenal sebagai pengusaha salon yang
sukses. Tak kurang dari 168 jaringan salon dan 41 sekolah salon dimilikinya,
namun insting sang penata rambut kemudian membawanya terjun ke bisnis makanan.
Sejak tahun 2003 ia aktif mengembangkan J.CO. J.CO adalah produk dalam negeri
dengan menggunakan konsep dari luar negeri dan disempurnakan dengan modernisasi
dan kualitas terbaik. J.CO ditujukan untuk menyerbu pasar asing.
Persiapan J.CO
membutuhkan waktu yang lama. Selama 3 tahun Johnny Andrean dan timnya
mempelajari bisnis donat, mengeksplorasi resepnya, serta melakukan riset pasar
dan sampling. Johnny meluncurkan J.CO dengan konsep “apa yang disukainya dan
hal ini bisa diterima masyarakat”.
Pada 26 Juni
2005, J.CO mulai beroperasi pertama kali di Supermal Karawaci, Tangerang dan
kemudian langsung membuka outlet sebanyak-banyaknya. Dalam waktu setahun, J.CO
telah punya 16 buah gerai dengan 450-an orang karyawan untuk gerai saja. Tujuh
gerai terdapat di Jakarta dan sisanya di Bandung, Surabaya, Makassar, dan
Pekanbaru. Dalam waktu dekat mereka akan buka di Palembang, Batam, Manado,
Bogor, Medan, dan Bali, dan ada keinginan juga untuk go international pada
tahun 2007 dengan pilihan lokasi di Australia, Hongkong, atau Singapura. Sesuai
dengan namanya, J.CO mempunyai produk makanan berupa donat dan produk minuman
berupa kopi atau teh yang panas maupun dingin. Yang diunggulkan oleh J.CO
adalah produk makanannya, yaitu donat.
J.CO.Donuts
sejatinya bukan pionir di industri kafe berbasis menu kue donat di Indonesia,
sebelumnya sudah ada Dunkin Donuts. Namun sejak masuk ke pasar pada pertengahan
2005, J.CO Iangsung menjadi buah bibir, mengalahkan popularitas sang incumbent
Dunkin Donuts, dan membukukan pertumbuhan penjualan yang tinggi.
Menurut
Indriana Lisztya R., PR Manager dan Promosi J.CO., penjualan donat J.CO. di
salah satu gerai terlarisnya bisa mencapai 14 ribu donat per hari. Angka ini
belum termasuk pembelian produk lainnya (seperti minuman kopi) oleh pengunjung
outlet J.CO. yang jumlahnya bisa mencapai 1.200 orang per hari.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa pengertian waralaba?
2. Bagaimana profil J.CO Donuts &
Coffee?
3. Apa saja syarat menjadi waralaba J.CO
Donuts & Coffee?
1.3
Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui pengertian waralaba.
2. Untuk mengetahui profil J.CO Donuts
& Coffee.
3. Untuk mengetahui syarat menjadi
waralaba J.CO Donuts & Coffee.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Waralaba
Waralaba (bahasa Inggris: franchising; bahasa Perancis: franchise yang
aslinya berarti hak atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual
suatu produk atau jasa maupun layanan.Sedangkan menurut versi pemerintah
Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak
memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau
pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan
berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka
penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Sedangkan
menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud
dengan waralaba ialah:
Suatu
sistem pendistribusian barang atau jasa kepada
pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek,
nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam
jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
2.2 Profil J.CO Donuts & Coffee
1.
Filosofi Logo J.CO
Donuts & Coffee
Beberapa mengatakan logo J. CO Donuts &
Coffee mirip dengan logo Starbucks. Batas melingkar mungkin sama, tapi
bukan merek dagang. J CO Donuts & Coffee menggunakan simbol Merak dalam
logo mereka. Merak di sini melambangkan keindahan, elegan, lembut dan
keabadian. Keindahan dan kelembutan tercermin dari rasa dan bentuk donat.
Sementara keabadian dapat dilihat dari loyalitas konsumen yang bersedia berdiri
dengan antrian panjang di toko-toko untuk mendapatkan donat favorit mereka.
VISI & MISI J.CO DONUTS & COFFEE
Burung Merak pada logo J.CO
Donuts & Coffee merupakan representasi visi dan misi perusahaan.
Visi:
1. Membentuk J.CO Donuts &
Coffee sebagai International Premium Donuts andCoffee Brand terkemuka
2.Menjadi trend-setting
lifestyle dalam donuts and coffee brand
3.Menjadi perusahaan yang tepat bagi
orang-orang yang tepat dalam meraih cita-cita mereka.
Misi:
1. Menyediakan kualitas premium
donat dan kopi
2.Mendorong karyawan dalam meraih
cita-cita
3.Menempatkan pelanggan sebagai
prioritas
4.Berkomitmen memberikan pelayanan
terbaik dengan sungguh-sungguh
5.Menyediakan tempat yang sempurna
untuk bersantai
6.Memperlakukan setiap orang dengan
hormat dan bermartabat
2 2. Produk J.CO
Donuts & Coffee
J.CO Donuts & Coffee hadir di tengah masyarakat dengan
beberapa jenis produk yang ditawarkan. Produk-produk yang dimaksud meliputi
donat, kopi, cokelat, serta produk terbarunya, yogurt beku (frozen
yogurt/froyo). Setiap donat diberi nama kreatif sesuai dengan topping dan
rasa. Ini menciptakan sebuah keunikan dan mudah mengingat nama, Sebagai contoh,
Cheese Me Up adalah nama untuk donat dengan keju meleleh di atas. Tira Miss U
adalah nama dari donat dengan topping tiramisu.
Berikut nama-nama produk yang ditawarkan J.CO Donuts &
Coffee: Hazel Dazzle, Glazzy, Alcapone, Coco Loco, Cheese Me Up, Miss Green T,
Why Nut, JCrown Oreo, Da Vin Cheez, Mona Pisa, Heaven Berry, Forest Glam, J.CO
Praline, J.CO Yogurt, Choco Forest Freeze, J.Pops, dan masih banyak lagi.
2.3 Syarat
Menjadi Waralaba J.CO Donuts & Coffee
Syarat waralaba J.CO Donuts & Coffee:
1.PENYELIDIKAN
Kirimkan informasi dasar seperti kontak, profil perusahaan dan informasi keuangan.
Kirimkan informasi dasar seperti kontak, profil perusahaan dan informasi keuangan.
2.PROSES
SELEKSI
Calon
mitra potensial kami akan diminta untuk menyampaikan latar belakang, rencana
bisnis, dan informasi keuangan yang mendalam.
3.HUKUM
Berdasarkan
pengajuan Anda, kami selanjutnya akan mendaftarkan pemohon dan mengundang
mereka untuk berpartisipasi dalam tahap selanjutnya dari proses tersebut.
Syarat dan ketentuan kontrak akan dibahas pada saat itu.
4.PRA-PEMBUKAAN
Melengkapi
program pelatihan, desain toko, dan melakukan kampanye pasar.
5.PEMBUKAAN
TOKO BARU
Pembukaan
toko J.CO Donuts & Coffee Anda.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
J.CO
Donuts & Coffee didirikan pada 26 Juni 2005 oleh Johnny Andrean yang
sebelumnya sukses menjadi pengusaha salon.Butuh waktu 3 tahun bagi Johnny
mempersiapkan J.CO Donuts & Coffee Andrean dan timnya mulai dari
mempelajari bisnis donat, mengeksplorasi resepnya serta melakukan riset pasar
dan sampling.
J.CO
mulai beroperasi pertama kali di Supermal Karawaci, Tangerang dan kemudian
membuka outlet ditempat lain.Sesuai dengan namanya, J.CO mempunyai produk
makanan berupa donat dan produk minuman berupa kopi atau teh yang panas maupun
dingin.Yang diunggulkan oleh J.CO adalah donat.J.CO Donuts & Coffee bukan
pionir di industri kafe berbasis menu kue donat di Indonesia, sebelumnya sudah
ada Dunkin Donuts, Namun sejak masuk ke pasar pada pertengahan 2005, J.CO
langsung menjadi buah bibir, mengalahkan popularitas Dunkin Donuts, dan
memiliki pertumbuhan penjualan yang tinggi.
3.2 Saran
1.J.CO
Donuts & Coffee sebaiknya selalu memberikan pelayanan yang ramah dan sopan
serta selalu member nilai tambah kepada konsumen agar konsumen merasa nyaman
dan inigin kembali lagi.
2.Menambah
variasi produk yang dijual agar konsumen tidak bosan dengan produk yang sudah
ada.
3.Mengadakan
promosi pada event-event tertentu seperti saat ulang tahun J.CO Donuts &
Coffee,hari kemerdekaan,hari raya dan hari lainnya untuk menarik minat masyarakat agar ingin membeli produk J.CO Donuts & Coffee dengan harga yang lebih murah.
DAFTAR
PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba
http://littleescapist.blogspot.co.id/2011/11/tulisan-2.html
https://jcodonuts.com/id/franchise
http://hafrl-kiko.blogspot.co.id/2012/11/analisis-alur-bisnis-dan-website.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar