ANALISIS CSR
BANK BNI
Disusun Oleh:
Nama :Elizabeth Johanes
Kelas :MJ47A
NPM :1620200005
STIE MULTI DATA PALEMBANG
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
TAHUN AJARAN 2019
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa,
atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan
makalah yang membahas tentang Bank BNI.Penulis menyadari bahwa didalam
pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak
lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis
menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua
pihak yang membantu dalam pembuatan karya tulis ini.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun
bukan hanya), perusahaan adalah
memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku
kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala
aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan
lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", yakni suatu
organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus
mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek
ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus
menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik
untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian
tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan
berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan
maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa
pengertian Corporate Social Responsibilty?
2. Bagaimana
sejarah Bank BNI?
3. Apa
saja Corporate Social Responsibilty
yang diterapkan Bank BNI?
1.3 Manfaat Penelitian
1. Untuk
mngetahui pengertian Corporate Social
Responsibilty.
2. Untuk
mengetahui Bank BNI.
3. Untuk
mengetahui Corporate Social Responsibilty
yang diterapkan Bank BNI.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Corporate Social Responsibility
Pengertian CSR (Corporate
Social Responsibility) secara harifiah adalah respon sosial atau
tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar yang dilakukan oleh sebuah
perusahaan dalam bentuk berbagai kegiatan.
Kegiatan tersebut dapat dilakukan dalam berbagai bentuk,
misalnya; menjaga lingkungan sekitar perusahaan, membangun fasilitas umum,
meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, memberikan bantuan beasiswa
kepada anak yang dirasa kurang mampu, hingga memberikan bantuan dana untuk
kesejahteraan masyarakat sekitar.
Pada dasarnya, CSR memang bertumpu pada suatu bentuk tanggung
jawab perusahaan terhadap stakeholder yang terkait. Beberapa hal yang
termasuk di dalam program CSR ini diantaranya adalah:
·
Tatalaksana perusahaan
(corporate governance)
·
Kesadaran perusahaan
perusahaan terhadap lingkungan
·
Standar bagi karyawan
dan kondisi tempat kerja
·
Hubungan perusahaan
dengan masyarakat
·
Investasi sosial
perusahaan (corporate philantrophy)
2.2 Sejarah Bank BNI
Bank Negara Indonesia
didirikan dan dipersiapkan pada tanggal 5 Juli 1946 menjadi Bank
Sirkulasi atau Bank Sentral yang bertanggung jawab menerbitkan dan mengelola
mata uang RI. Beberapa bulan setelah pendiriannya, Bank Negara Indonesia mulai
mengedarkan alat pembayaran resmi pertama - Oeang Republik Indonesia atau ORI. Pengusul dibentuknya sebuah Bank Sentral atau
Bank Sirkulasi, serta sekaligus juga adalah sebagai pendiri dan Direktur Utama
Bank Negara Indonesia yang pertama adalah Raden Mas (R.M.) Margono Djojohadikusumo.
Pada 1955, Peran Bank Negara
Indonesia beralih menjadi bank pembangunan dan kemudian mendapat hak untuk bertindak
sebagai bank devisa. Sejalan dengan penambahan modal pada tahun 1955, status Bank Negara
Indonesia beralih menjadi bank umum dengan penetapan secara yuridis melalui
Undang-Undang Darurat nomor 2 tahun 1955.
Dengan inovasi perbankan
yang luas, menimbulkan kepercayaan pemerintah terhadap perusahaan BNI. Maka,
pada 1968,
status hukum Bank Negara Indonesia ditingkatkan ke Persero dengan nama PT Bank
Negara Indonesia.
Pada 2013, BNI meluncurkan
kartu kredit dan kartu ATM/debit bergambar Tim Sepak bola peserta BPL, Chelsea,
dengan logo MasterCard. Kartu tersebut dapat diterima oleh fans Chelsea.
Bank BNI juga meluncurkan layanan trust bagi industri ekspor,
termasuk untuk industri minyak dan gas.
2.3 Corporate Social Responsibility Yang Diterapkan Bank BNI
Macam-macam
Corporate Social Responsibility yang
diterapkan Bank BNI adalah sebagai berikut:
1. BNI
Berbagi
Program BNI Berbagi adalah program
pemberdayaan kondisi masyarakat untuk mencapai taraf hidup lebih baik. Program
tersebut dalam rangka mendukung dan mengimplementasikan Peraturan Kementerian
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang Program Kemitraan dan Program Bina
Lingkungan.
Program Bina Lingkungan diberikan dalam bentuk bantuan
dana dan/atau barang kepada masyarakat yang disalurkan dalam bentuk:
1. Bantuan Bencana Alam
2. Bantuan Pendidikan dan/atau Pelatihan
3. Bantuan Peningkatan Kesehatan
4. Bantuan Pengembangan sarana dan/atau
prasarana umum
5. Bantuan Sarana Ibadah
6. Bantuan Pelestarian Alam
7. Bantuan Sosial kemasyarakatan dalam
rangka pengentasan kemiskinan
8. Pendidikan, pelatihan, pemagangan,
pemasaran, promosi, dan bentuk bantuan lain yang terkait dengan upaya peningkatan
kapasitas Mitra Binaan Program Kemitraan.
2. BNI
Go Green
Saat ini dunia dihantui kekhawatiran terhadap dampak
perubahan iklim termasuk dampak kerusakan lingkungan hidup akibat aktivitas
manusia. Mencermati kondisi ini BNI secara proaktif mengambil bagian dalam upaya
pemulihan lingkungan, salah satu caranya dengan membuat program “BNI Go Green”. Program BNI Go Green merupakan salah satu
misi BNI yakni meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab terhadap lingkungan
dan sosial Kepedulian BNI terhadap permasalahan lingkungan hidup karena sebagai
organisasi, BNI memerlukan lingkungan dan alam yang terpelihara untuk survival
kehidupan dan menjaga kontinuitas bisnis.
Untuk mengaktualisasikan
semangat ini, BNI menggunakan pendekatan 4
(empat) mata angin keberlanjutan (compass of sustainability) untuk
diterapkan dalam praktek corporate sustainability dengan mempertimbangkan
keberlanjutan: alam/nature, sosial kemasyarakatan/society, sumber daya
manusia/well-being, ekonomi/economy. Empat mata angin keberlanjutan
diinternalisasikan ke unit business dan supporting yang kemudian digunakan
menjadi acuan dalam menghasilkan produk dan layanan perbankan yang ramah
lingkungan.
Secara internal, BNI
meningkatkan kapasitas pengetahuan pegawai mulai dari perilaku hidup hijau pegawai (green attitude), tindakan hemat
energi, hingga pelatihan tentang risiko lingkungan dan sosial dalam analisa
kelayakan kredit. BNI juga menyediakan produk dan layanan ritel yang mendorong
gaya hidup hijau seperti KPR Hijau, kartu kredit BNI-WWF, fitur Adopsi Orangutan
dan Penanaman Pohon, dan layanan perbankan yang paperless (e-billing, formless
transfer).
Sementara itu, di level
eksternal BNI konsisten melaksanakan program-program pelestarian lingkungan
hidup baik yang bersifat forestry maupun non-forestry, termasuk pemanfaatan
energi terbarukan. Program-program ini dilaksanakan baik melalui skema CSR
maupun kredit komersial. BNI membiayai proyek-proyek ramah lingkungan yang
dijalankan oleh klien BNI seperti pembangkit listrik tenaga panas bumi
(geothermal), biomass, biogas, hydro dan waste management. BNI juga mendirikan
pusat pembibitan sejuta tanaman keras di Sentul Bogor dan membangun Hutan dan
Taman Kota di beberapa kota di Indonesia.
Praktek corporate
sustainability membawa “value” bagi BNI dalam hal positioning dan corporate
identity. Melalui value of “Corporate Sustainability” BNI menciptakan
value/nilai yang dapat bertahan lama dalam jangka panjang yang bermanfaat untuk
kepentingan stakeholder dengan tetap memperhatikan keberlanjutan alam dan
masyarakat. Bahkan sejak tahun buku 2009, BNI telah mempublikasikan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) yang
berfungsi untuk melaporkan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh BNI dalam
menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan.
3.
Kampoeng
BNI
Kampoeng BNI merupakan
salah satu unggulan Program Kemitraan & Bina Lingkungan BNI. Pertimbangan
utama dalam pembentukan Kampoeng BNI adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat,
pengentasan kemiskinan, dan perbaikan lingkungan di suatu daerah. Konsep
Kampoeng BNI mengacu pada prinsip community development dengan
menampilkan produk unggulan atau ciri khas di suatu daerah.
Program Kampoeng BNI dilakukan melalui
penyaluran kredit lunak dengan sistem klaster di berbagai daerah di seluruh
Indonesia. Selain itu, BNI memberikan bantuan Bina Lingkungan untuk menunjang
kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kampoeng BNI antara lain berupa pelatihan,
pendampingan, sarana prasarana penunjang, dan promosi produk mitra binaan.
Tujuannya untuk mengembangkan potensi dan meningkatkan perekonomian masyarakat
pada suatu kawasan khususnya kawasan pedesaan.
Saat ini terdapat 21
Kampoeng BNI yang tersebar di Seluruh Indonesia dengan fokus pada tiga sektor
yaitu Industri Kreatif, Ketahanan Pangan dan Kelautan.
Persebaran
Kampoeng BNI antara lain:
1. Kampoeng BNI Sektor
Ketahanan Pangan di Lumajang dan Pujon.
2. Kampoeng BNI Industri
Kreatif di antaranya
§
Kampoeng
BNI Batik Tulis Lasem,
§
Kampoeng
BNI Tenun Sumsel,
§
Kampoeng
BNI Tenun Pandai Sikek,
3. Kampoeng BNI Wisata
Borobudur Magelang.
4. Kampoeng BNI sektor Perikanan
antara lain
§
Kampoeng
BNI Muara Angke
§
Kampoeng
BNI Nelayan Brondong Lamongan
4. KAMI
Bersama
KAMI
Bersama adalah program untuk mendukung Pemberdayaan Tenaga Kerja Indonesia
(TKI) beserta keluarganya yang bersifat komperhensif yaitu mencakup periode
sebelum keberangkatan (Pre-Departure). Selama bekerja di luar negeri, saat akan kembali ke Indonesia
dan setelah kembali ke Indonesia. Program KAMI bersama BNI merupakan bentuk
apresiasi dan sekaligus komitmen sosial BNI untuk meningkatkan kualitas hidup
TKI beserta keluarganya.
BAB II
PEMBAHASAN
3.1 Kesimpulan
Pengertian CSR (Corporate
Social Responsibility) secara harifiah adalah respon sosial atau
tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar yang dilakukan oleh sebuah
perusahaan dalam bentuk berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan
dalam berbagai bentuk, misalnya; menjaga lingkungan sekitar perusahaan,
membangun fasilitas umum, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,
memberikan bantuan beasiswa kepada anak yang dirasa kurang mampu, hingga
memberikan bantuan dana untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Kegiatan CSR
yang diterapkan Bank BNI antara lain BNI Berbagi, BNI Go Green, Kampoeng BNI
dan KAMI Bersama
3.2 Saran
Saran
yang dapat diberikan adalah Bank BNI harus bisa mengelola program CSR yang
telah diterapkan dengan lebih baik lagi agar dapat membantu lebih banyak
masyarakat yang membutuhkan.
Did you know there's a 12 word sentence you can tell your partner... that will induce deep emotions of love and impulsive attractiveness for you deep inside his chest?
BalasHapusThat's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, please and guard you with his entire heart...
12 Words Will Fuel A Man's Desire Response
This impulse is so built-in to a man's genetics that it will drive him to work better than ever before to make your relationship the best part of both of your lives.
Matter of fact, fueling this mighty impulse is absolutely binding to achieving the best ever relationship with your man that once you send your man one of these "Secret Signals"...
...You'll immediately find him open his mind and soul for you in such a way he's never expressed before and he'll distinguish you as the one and only woman in the universe who has ever truly tempted him.