Rabu, 13 Juni 2018

LAPORAN FIELD TRIP 2018


Laporan Field Trip 2018










Nama Kelompok :

-Elizabeth Johanes (1620200005)
-Elisa Yulistina (1620200012)
-Selvi Teresa (1620200074)
-Merlisa KJ (1620200094)






Dosen Pengampuh :
Charisma Ayu Pramuditha, M.HRM








SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MULTI DATA PALEMBANG
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
2018



Beryl’s Fine Chocolate

Cokelat dipercaya telah dibawa ke Malaysia dari Filipina pada abad ke-18. Kawasan tanaman cokelat pertama sekali ditemui di Melaka pada tahun 1778. Setelah itu penanaman cokelat mulai dijalankan di Stesen Pertanian Serdang dan Pusat Penyelidikan Pertanian Silam, Sabah. Pengkomersialan cokelat bermula sekitar tahun 1853 dimana cokelat jenis Amelonada pertama kali di tanam. Cokelat secara resmi ditanam di Quoin Hill, Tawau, Sabah pada tahun 1960. Sejak itu lebih banyak kawasan ditanami cokelat dan sekarang Malaysia merupakan salah satu negara pengeluar cokelat utama di dunia.
                                                                     
Industri pengisaran cokelat di Malaysia bermula pada tahun 1973 dan berkembang pesat pada tahun 1980an. Sebagai pusat pengisaran dan pemrosesan cokelat terbesar di Asia, Malaysia mempunyai 11 pabrik pengisar cokelat pada tahun 2009 dengan jumlah eksport tahunan sebanyak RM3.35 juta pada tahun 2008. Meskipun sebagian besar cokelat dihasilkan di negara-negara pembangun, namun sebagian besarnya digunakan di negara-negara industry.

Proses Pembuatan Cokelat
1.      Penuaian
            Terdapat dua musim penuaian dalam satu tahun. Tuaian pertama berlangsung dari Oktober -  Maret. Dan tuaian kedua dilakukan dari Mei – Agustus.

      2.  Penghantaran
            Petani akan membawa hasil biji cokelat yang telah kering ke pusat koleksi, di mana biji cokelat akan di kelompokkan bedasarkan mutu nya. Setelah di kelompokkan cokelat akan di hantar ke pabrik-pabrik atau di eksport.

3.      Memecah dan Menampi
            Menampi adalah proses menghilangkan kulit luar biji cokelat. Pertama mesin akan memecahkan biji cokelat yang telah di bakar dari kulit nya. Lalu akan di pisahkan antara kulit dan biji nya.

4.      Memanggang
            Ketika biji cokelat sampai di pabrik mereka akan dibersihkan untuk menghilangkan kotoran. Setelah dibersihkan mereka akan di hantar ke mesin panggang.tujuan memanggang biji cokelat adalah untuk mengembangkan aroma semasa fermentasi, untuk menghilangkan asid terakhir, untuk mengurangi kadar air, dan mengurangi bakteri.

      5.   Fermentasi
            Setelah di panen dalam 7 – 10 hari, biji cokelat perlu dibelah untuk mengeluarkan biji nya. Biji cokelat lalu di timbun dengan daun pisang atau dimasukkan dalam kotak kayu untuk difermentasi. Fermentasi cokelat ini memakai ragi alam dalam udara menyebabkan fermentasi alami dan memerlukan waktu sekitar 1 minggu.

6.      Pengeringan
            Setelah fermentasi, biji cokelat masih mengandung 60% kelembapan, yang mana harus dikurangkan menjadi 8% atau kurang. Setelah kering, berat biji cokelat akan berkurang setengah daripada berat asalnya.

7.      Menggiling
            Potongan – potongan biji cokelat yang telah dipanggang dan di buang kulitnya akan di giling supaya menjadi partikel yang lebih halus. Kemudian di masukan ke dalam sebuah penekanan hidrolik yang besar untuk memerah mentega koko yang terkandung di dalamnya.

8.      Pencampuran
            Empat bahan utama yang di gunakan ialah massa cokelat, mentega cokelat, gula dan susu. Kadar antara bahan – bahan ini tergantung pada cokelat yang akan dibuat.

9.      Conching
            Conching adalah suatu langkah penting untuk mengembangkan lebih lanjut rasa dan tekstur cokelat. Conching melibatkan pengulian dan pencampuran cokelat yang sungguh-sungguh.

10.  Tempering
            Setelah proses ‘Conching’ prses selanjutnya adalahTempering. Tempering adalah tahap terakhir dan penting dalam pembuatan cokelat. Ini adalah proses yang kompleks yang melibatkan pemanasan dan pendinginan. Dilakukan secara sangat berhati-hati untuk memastikan kadar lemak dalam cokelat stabil.

11.  Pencetakan
            Setelah di temper, cokelat diisi ke dalam cetakan polikarbonat. Cetakan yang berisi cokelat diletakkan di atas meja yang bergetar untuk menggoncang cokelat selama beberapa menit untuk memastikan bahwa cokelat yang dihasilkan rata dan tidak bergelembung.

Universiti Utara Malaysia
UUM terletak di Sintok, Kedah, dan Kuala Lumpur. Didirikan pada tahun 1984, dengan motto Ilmu, budi, bakti. Universitas ini memiliki fakultas seni, dan sains, fakultas bisnis dan hukum, pemerintahan dan studi internasional. Program yang ditawarkan antara lain sarjana, dan pasca sarjana.

Universiti Kuala Lumpur
Universiti Kuala Lumpur atau yang disingkat UniKL didirikan pada tahun 2002. UniKL memiliki 131 program seperti teknologi elektronik dan telekomunikasi, robotik, desain produk, teknik bisnis manajemen, dan masih banyak lagi. UniKL  akreditasinya dan program-program nya diakui secara global.

Yakult Malaysia
Dalam satu hari produksi Pabrik Yakult Malaysia dapat menghasilkan maksimal 700.000 botol Yakult dan minimal 470.000 botol Yakult. Jadi bisa di simpulkan dalam satu jam produksi menghasilkan 7.000 botol Yakult. Dengan kinerja karyawan mulai dari jam 08.00 – 17.00.
Di pabrik Yakult Malaysia sendiri masih mendatangkan tepung susu skim dari Australia, diluar dari pada itu mereka memproduksi nya sendiri mulai dari botol sampai label penutup botol Yakult. 

Kendala yang masih di rasakan dalam memproduksi Yakult adalah
1. Kontaminasi dari luar. Jika tidak ditutup dengan benar maka akan terkontaminasi oleh bakteri dari luar.
2.  Kelalaian dari pegawai.
3. Kebersihan dari mesin itu sendiri. Pegawai akan rutin membersihkan pada saat selesai produksi dan di pagi hari sebelum memulai produksi untuk memastikan bahwa mesin dalam keadaan bersih.

Yakult  Malaysia mempunyai target menjadi minuman probiotik no. 1 di Malaysia. Alasan Yakult menggunakan botol dengan ukuran kecil agar konsumen bisa langsung menghabiskan nya dalam sekali minum. Di Pabrik Yakult Malaysia sendiri memproduksi 2 jenis Yakult, original dan less sugar. Dan Pabrik Yakult Malaysia juga mengekspor Yakult varian less sugar ke negara Singapore.

Kedai Durian Tok Ngah
Kedai Durian Tok Ngah berdiri di Kota Batam pada bulan Oktober 2013 tepatnya di daerah Seraya. Awalnya Kedai Durian Tok Ngah hanya sebuah industry rumahan yang berjualan hanya melalui media social ‘Instagram’ hingga sekarang tumbuh menjadi salah satu perusahaan yang focus menggarap pasar Oleh-oleh di Batam. Kedai Durian Tok Ngah saat ini sudah memiliki 5 cabang penjualan yang tersebar di Kota Batam.

Kedai Durian Tok Ngah sendiri mempunyai visi dan misi, yaitu :
Visi : Menjadi perusahaan makanan olahan khas Indonesia yang terbesar dan sukses.
Misi : Membuka cabang di daerah-daerah di Indonesia hingga akhir tahun 2019 dan Menciptakan lingkungan kerja yang dinamis, tentram dan sejahtera

Kedai Durian Tok Ngah sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan di Kota Batam antara lain, pameran/ event, pembagian snack box, sponsorship di acara pemuda dan pemerintah, dan foto/ video contest. Produk dari Kedai Durian Tok Ngah bermacam yaitu : Golden Durian, Brownis Durian, Otak-otak, Luti Gendang, Pnacake Durian, dan aneka snack dan jenis cokelat. Durian yang di pakai di Kedai Durian Tok Ngah sendiri di datangkan langsung dari Medan. Mereka sudah bekerja sama dengan distributor durian di Kota Medan yang bisa menjamin kualitas dan ketersediaan produk.

Produk Yang Akan Dijual
1.      Pin besar
2.      Pin kecil
3.      Mug
4.      Gelang

Proses Pembuatan Produk
Produk dipesan dari distributor yang bisa mendesain sesuai keinginan konsumen.

Modal
1.      Pin besar          : Rp.5.500
2.      Pin kecil          : Rp.4.500
3.      Mug                 : Rp.20.000
4.      Gelang             : Rp.5.000

Harga Jual Produk
1.      Paket 1 (Pin kecil + gelang)                                : Rp.13.000
2.      Paket 2 (Pin besar + gelang)                               : Rp.15.000
3.      Paket 3 (Mug + pin kecil + pin besar + gelang) : Rp.40.000

Laporan Laba/Rugi
Laba/Rugi       = Pendapatan-Modal
                        = Rp.161.000 – Rp.150.000
                        = Rp.11.000 (Laba)

Foto Produk






















Foto Pembeli




















Kesimpulan :
-          Di Malaysia dan Singapura terdapat produk unik yang belum ada di Indonesia.
-          Pariwisata di Malaysia dan Singapura sudah dikelola dengan baik.
-          Kebersihan di Singapura terjaga dengan baik.
-          Bisnis oleh-oleh di Batam dapat menghasilkan keuntungan yang besar.
-          Malaysia, Singapura dan Batam menjual produk khas daerah masing-masing.

Link Video Field Trip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PERUBAHAN BUDAYA & ORGANISASI

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PERUBAHAN BUDAYA & ORGANISASI Review Jurnal 1 (Nasional) Judul Manajemen Perubahan ...